Minggu, 07 Februari 2010

MERAIH KEBAHAGIAAN DALAM PERNIKAHAN

Pasangan pengantin muda yang hendak melangsungkan pernikahan tentunya sudah membayangkan akan indahnya pernikahan dan rumah tangga yang akan mereka jalani nantinya. Namun tiga sampai enam bulan kemudian barulah pengantin baru tersebut menyadari bahwa pernikahan bukanlah tugas yang mudah tapi tugas yang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Dibawah ini adalah tips untuk suami dan istri guna membantu tugas mereka dalam mengarungi rumah tangga sehingga menjadi lebih mudah serta untuk meningkatkan keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga.
1. Masuki pernikahan dengan niat yang baik dan tulus
Kedua pasangan haruslah memasuki pernikahan dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ridha Allah SWT sehingga mendapatkan rahmat, berkah, petunjuk serta kasih sayang-Nya. Jika niat kita menikah untuk mendapatkan ridha Allah SWT maka pernikahan yang kita jalani akan menjadi ibadah bagi keduanya serta akan mendatangkan pahala.
2. Ingatlah bahwa pasangan kita juga saudara kita dalam Islam.
Banyak dari umat Islam yang memperlakukan orang di luar rumahnya dengan baik dan tulus namun bersikap beda terhadap pasangannya sendiri. Seorang Muslim harus selalu ingat bahwa pasangannya itu juga adalah saudaranya dalam Islam sehingga berhak mendapatkan perlakuan seperti halnya seorang saudara dalam Islam. Perlakuan seperti itu harusnya menjadi dasar dalam membina rumah tangga.
3. Jangan terus-terusan berharap lebih
Sebelum menikah, orang biasanya sering berpikir terlalu berlebihan akan pasangannya nanti, mengharapkan pasangannya sempurna dalam segala hal. Tidak ada seseorang yang sempurna dalam segala hal dan jika harapan berlebihan akan pasangan kita terus saja membebani kita maka bisa menyebabkan masalah nantinya. Kita harus ingat bahwa Allah SWT menciptakan manusia itu tidak sempurna yang artinya manusia akan mungkin melakukan kesalahan dalam hidupnya. Dengan merubah harapan yang berlebihan tersebut dan menyadari bahwa tidak ada seseorang yang sempurna maka kita akan dapat menerima pasangan kita seperti apa dan tidak akan terbebani oleh pasangan 'impian' kita.
4. Tekankan yang terbaik dari apa yang ada pada pasangan kita
Dikarenakan tidak ada satu orang pun di dunia ini yang diberkati dengan semua kualitas, penekanan haruslah ditempatkan pada kualitas positif yang dimiliki oleh pasangan kita. Dorongan, pujian dan ucapan terima kasih harus diungkapkan secara rutin yang nantinya dapat memperkuat kualitas serta berguna dalam mengembangkan pasangan kita.
5. Jadilah teman baik bagi pasangan kita
Cobalah berpikir seperti apa seorang teman baik dan jadilah seperti itu untuk pasangan kita. Menjadi teman baik berarti menjadi seseorang yang berbagi kesenangan, impian, kegagalan dan kesedihan. Juga terkait dengan mengerti akan sesuatu yang disukai atau tidak disukai oleh pasangan kita dan mencoba untuk menyenangkan pasangan kita sebisa mungkin. Seorang teman baik biasanya seseorang yang dapat kita percaya dan tempat kita bercerita akan sesuatu.
6. Habiskan waktu bersama-sama
Tidaklah cukup bagi pasangan dengan hanya bertemu dan berkumpul pada saat makan saja namun mereka pun perlu untuk mencari waktu yang lebih lama untuk berduaan guna memperkuat hubungan diantara mereka. Waktu berduaan itu bisa dengan berjalan berdua di suatu tempat rekreasi atau menyalurkan hobi bersama-sama pasangannya.
7. Sering-sering mengungkapkan perasaan
Cara ini mungkin konsep yang sangat 'Kebarat-baratan' dan agak sulit bagi tiap orang untuk mempraktekkannya. Namun sangatlah penting untuk jujur dan terbuka pada pasangan kita baik itu hal yang positif maupun negatif. Komunikasi yang terjalin harus terbuka dan segala ketidaksukaan bisa langsung dibicarakan dengan pasangan. Manfaat dari konsep 'Kebarat-baratan' ini adalah untuk menghindari timbulnya masalah besar yang dimulai dari sesuatu yang kecil karena antar pasangan tidak saling terbuka. Tips ini mungkin tidak dapat diterapkan dalam semua kondisi.
8. Mengakui kesalahan dan meminta maaf
Seperti halnya ketika kita berbuat dosa dan meminta ampun kepada Allah SWT maka kita pun harus berbuat seperti itu kepada pasangan kita. Seorang yang 'jantan' adalah seseorang yang mau mengakui ketika dia telah berbuat salah, menerima maaf orang lain dan berusaha untuk memperbaiki dirinya menjadi seseorang yang lebih baik.
9. Jangan mengungkit kesalahan masa lalu
Akan sangat menyakitkan jika seseorang diingatkan akan kesalahan-kesalahan yang pernah ia perbuat di masa lalunya. Dalam Islam tidak dianjurkan untuk membicarakan kesalahan yang dilakukan di masa lalu. Seseorang boleh mengingat kesalahan apa saja yang pernah ia lakukan agar ia tidak mengulanginya tapi hal itu tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Tentunya sebagai manusia kita tidak berhak menghakimi seseorang. Nasihat boleh-boleh saja diberikan namun dengan cara yang baik.
10. Berikan kejutan pada pasangan kita
Kejutan yang dimaksud bisa berupa hadiah atau bunga, menyiapkan hidangan istimewa, berdandan dan mempercantik diri (tidak hanya untuk wanita saja) atau menaruh catatan rahasia di kotak makan. Sedikit imajinasi dari kita untuk membuat pasangan kita terkejut. Hal ini dilakukan guna menghiasi kehidupan rumah tangga kita dan tidak membuat bosan karena rutinitas yang selalu sama setiap harinya sehingga berefek negatif terhadap pernikahan kita.
11. Memiliki rasa humor.
Dengan memiliki rasa humor maka antar pasangan dapat menghindari perdebatan panjang sekaligus mencerahkan suasana pernikahan. Hidup adalah sebuah ujian dan tantangan yang tidak mudah untuk dihadapi serta butuh kerja keras dalam menghadapi setiap ujian yang ada dan dengan humor akan membantu pasangan menghadapi hidup ini dengan lebih santai dan rileks. Kita juga akan mengetahui bahwa pasangan kita menyukai seseorang yang bisa menghibur dirinya dan akan mungkin menghabiskan banyak waktu dengan rasa humor yang kita miliki.
Sumber: www.islamway.com dengan sedikit modifikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Daftar Blog Saya

  • BERFIKIRLAH SEBELUM BERBUAT MAKSIAT - Seorang laki-laki datang kepada Ibrahim bin Adham rahimahullah, Dia berkata: “Ya Aba Ishaq, aku sering berbuat maksiat. Katakan sesuatu kepadaku sebagai ...
    13 tahun yang lalu
  • - الحمد لله الذى أنزل الفرقان على عبده ليكون للعالمين نذيراً.. والصلاة والسلام على محمد بن عبد الله، الذى أرسله ربه شاهداً ومبشراً ونذيراً، وداعياً إلى الله...
    14 tahun yang lalu