Senin, 15 Februari 2010

TANDA-TANDA MUNAFIK

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Tanda-tanda Munafiq

Rasulullah Shallallaahu.alaihi Wasallam bersabda:

Tanda-tanda Munafiq ada tiga(dalam riwayat lain empat, namun yang banyak adalah tiga, hanya saja tanda/sifat-sifat mereka banyak disebutkan dalam AlQuran).

1. Bila ia berbicara dusta
2. Bila berjanji ingkar janji
3. Bila diberi amanah khianat

(Lihat dalam shahih Bukhari Muslim, Baihaqi, Ahmad, Bab tanda-tanda munafiq, dan kitab-kitab lain nya)

Dalam AlQuranul karim, pada surah Al Baqarah dalam pembicaraan awal, dalam penjelasan bagian-bagian sebagian dari tanda-tanda orang yang bertaqwa dibicarakan hanya dalam 3-ayat ke empat keberuntungan orang yang bertaqwa .

Kemudian dilanjutkan pada ciri khas golongan kafir, hanya dua ayat. Tiba di dalam pembicaraan ciri khas orang Munafiq 13 ayat.

Saya berfikir, mungkin ini pertanda bahwa didunia ini, orang yang munafiq jauh lebih banyak, ketimbang muttaqin dan kafirin.
Bahkan dalam ayat-ayat AlQuranpun, sering digandengkan munafiqin ini
persamaannya dengan orang musyrik, kafir.(Lihat Q.S Al Ahzaab 1, 73, dll, luar biasa banyaknya ayat AlQuran menceritakan perihal munafiqin ini,sampai-sampai ada surah khusus dalam AlQuran disebut surah Al Munaafiquun).

Surah Al Munafiquun, adalah surah ke 63, terdiri dari 11 ayat, disana
diceritakan  sebahagian dari kondisi orang munafiq. Orang yang merugi, adalah mereka yang lalai pada Allah ta'ala akibat disibukkan selalu dengan urusan harta dan anak-anak

Orang munafiq, adalah pendusta, dikategorikan orang yang kurang pemahamannya, mereka sangat sombong bila diajak kejalan Allah, dan merekapun termasuk orang yang fasiq, dimana dalam ayat yang lain, Allah selalu mengingatkan kita agar meneliti setiap berita yang datang dari orang yang fasiq.mereka juga adalah orang yang pelit, bila disuruh berinfaq(Q.S Almunafiqun ayat ke 7), dan masih segudang sifat-sifat lainnya.

Dalam hadits lain disebutkan:dari sahabat Anas ra, beliau berkata, Rasulullah bersabda:Tanda-tanda munafiq adalah membenci(sahabat) dari (golongan) Anshar, dan tanda-tanda mukmin adalah mencintai (sahabat) dari golongan Anshar.(Shahih Muslim 1:85)

Akibat sifat munafiq inipun bermacam-macam, tergantung dari tingkatan
kemunafikannya.Namun, yang tertinggi akibatnya adalah mereka berada didalam api neraka yang paling dalam(Q.S Annisaa 145).

Demikian, semoga menjadi perhatian kita bersama dan bermanfaat untuk kitabersama.

Wassalamu'alaikum.


Guruku di Kairo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Daftar Blog Saya

  • BERFIKIRLAH SEBELUM BERBUAT MAKSIAT - Seorang laki-laki datang kepada Ibrahim bin Adham rahimahullah, Dia berkata: “Ya Aba Ishaq, aku sering berbuat maksiat. Katakan sesuatu kepadaku sebagai ...
    13 tahun yang lalu
  • - الحمد لله الذى أنزل الفرقان على عبده ليكون للعالمين نذيراً.. والصلاة والسلام على محمد بن عبد الله، الذى أرسله ربه شاهداً ومبشراً ونذيراً، وداعياً إلى الله...
    14 tahun yang lalu